Tips Bijak Bermain Game


Jika zaman dahulu bermain video game seringkali hanya dianggap sebagai sesuatu yang dilakukan oleh anak anak dan hanya dilakukan di waktu senggang saja kini pandangan tersebut telah berubah jauh. Saat ini bermain game tak hanya dilakukan oleh anak anak saja tapi juga oleh orang dewasa, dan bahkan bermain game sudah menjadi profesi bagi sebagian orang. Apalagi beberapa jenis game yang ada saat ini juga sudah masuk cabang olahraga esport yang dipertandingkan di Asian Games dan juga Sea Games. Selain di kedua event tersebut turnamen turnamen game esport juga cukup sering diadakan baik itu yang sifatnya internasional, nasional maupun yang lokal saja. Salah satu contohnya adalah turnamen pubg mobile yang sudah beberapa kali diadakan.

Meskipun begitu jika kita juga  termasuk seorang yang senang bermain game (gamers) tentunya tetap harus bijak dalam memainkannya. Karena selain memiliki sejumlah manfaat bermain game tentunya juga memiliki sejumlah efek yang cukup negatif seperti kurang tidur, depresi, radiasi pada mata dan lain sebagainya. Karena itu setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika kita akan atau sedang bermain game. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ingat Waktu
Bermain game apalagi jika jika game tersebut termasuk yang cukup menarik seringkali membuat kita lupa waktu. Padahal selain game masih ada sangat banyak hal penting yang perlu kita lakukan seperti sekolah, kerja, ibadah dan lain sebagaainya. Bakan tak jarang seorang gamers karena terlalu asyik bermain game jadi lupa makan. Tentunya hal tersebut bisa membawa dampak yang tidak bagus untuk gamers tersebut. Karena itu sebaiknya kita membuat prioritas apa saja kegiatan yang perlu kita lakukan. Atau kalau dirasa perlu kita bisa membuat jadwal kegiatan harian, dan bisa juga membatasi bermain game sekian jam saja misalnya.

2. Jaga Kesehatan
Berlama lama main games bisa saja mengakibatkan berbagai jenis gangguan kesehatan baik itu yang sifatnya berat maupun ringan. Beberapa jenis gangguan kesehatan yang bisa timbul karena bermain game dalam waktu yang cukup lama misalnya adalah Thrombosis,  Gejala Peradangan Otot Nintendonitis, Gangguan Punggung, Tulang Belakang, Mata, dan Obesitas, dan lain sebagainya. Gangguan kesehatan tersebut bisa terjadi karena beberapa sebab seperti kurangnya gerak ketika kita bermain game, mata yang terlalu lama memandang layar hp atau komputer saat bermain game hingga karena terlalu lama memegang dan mengoperasikan kontroller game. Untuk mengatasi hal hal tersebut selain dengan cara membatasi waktu bermain game juga bisa ditambah dengan beristirahat yang cukup setiap harinya dan melakukan berbagai aktivitas fisik yang bisa menjaga kesehatan badan.

3. Tetap Bersosialisasi dengan Lingkungan
Seringkali seorang gamers dipandang sebagao orang yang tenggelam dalam dunianya sendiri dan hanya asyik pada game yang dimainkannya. Padahal sebagai seorang manusia yang merupakan makhluk sosial tentunya para gamers tersebut sebaiknya juga berinteraksi dengan lingkungan atau orang orang yang ada di sekitarnya. Dengan bersosialisai denan lingkungan berbagai manfaat bisa kita dapatkan mulai dari bisa mengenal lebih banyak orang, bisa nambah teman main game dan lain sebagainya.

4. Perhatikan Masalah Keuangan
Tak jarang ada beberapa orang gamers yang rela mengeluarkan puluhan hingga ratusan juta untuk membeli barang barang virtual di game yang ia mainkan seperti skin, atau aneka item lainnya. Mungkin saja untuk mereka yang sudah berpenghasilan berlebih wajar wajar saja, namun untuk kita yang tak seperti mereka sebaiknya mempertimbangkan matang matang terlebih dahulu.

Comments